Mengenal Bahasa Pemrograman Python

 




1.  Apa Itu Python ?

      Python adalah bahasa pemrograman cross-platform, yang artinya python dapat berjalan 
dalam banyak platform seperti windows, mac os x, linux , unix dan bahkan bisa di ported ke java dan net.

2.  Kelebihan Bahasa Pemrograman Python 

- Mudah dipelajari

       Phyton relatif lebih mudah dipelajari. Bahasa ini memiliki sintaks-sintaks yang cukup sederhana dan gampang dimengerti. Bahasa ini sangat dinamis dan dibangun berdasarkan tingkat keterbacaan kode yang tinggi.

- Meningkatkan produktivitas 

       Karena memiliki library yang luas dan desain berorientasi objek yang bersih, penggunaan bahasa pemrograman Python dapat menunjang produktivitas programer dibanding saat menggunakan bahasa pemrograman lain seperti Java dan C++.

- Dukungan IOT
                Bahasa ini mendukung ekositem Internet of Things (IoT) dengan baik. IoT adalah teknologi yang menghubungkan benda-benda disekitar kita ke dalam sebuah jaringan saling terhubung.


3. Kekurangan Bahasa Pemrograman Python 

        - Mudah dipelajari

       Multiprocessing adalah bagian penting dalam penulisan aplikasi. Python memang mendukung multiprocessing, namun mungkin tidak sefleksibel atau senyaman bahasa lain.

- Meningkatkan produktivitas 

       Python bukan bahasa pemrograman yang populer untuk mobile development. Hanya sedikit perusahaan yang menggunakan bahasa pemrograman ini untuk tujuan tersebut. 

- Dukungan IOT
         Python diketik secara dinamis sehingga memiliki banyak batasan desain. Python bahkan terlihat membutuhkan lebih banyak waktu pengujian dan  kesalahan yang muncul ketika aplikasi akhirnya dijalankan
.
 

4. Contoh Kodingan Python


   
        Pada Code diatas "Text1" dan "Text2" berfungsi sebagai variabel yang menampung tipe data string, dan untuk menampilkan variabel text yaitu dengan memanggil fungsi "Print(nama variabel)" didalam kurung tersebut berisi text atau variabel yang akan kita print seperti pada contoh diatas "Print(Text1 + Text2)" yang akan menampilkan tulisan gabungan dari 2 variabel yaitu "Contoh Koding Python".


Sumber : 
1. Apa itu Python
2. Kelebihan dan Kekurangan Python

Komentar